Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Membasmi Nyamuk Di Rumah Dengan Mudah Dan Terbukti Ampuh

cara membasmi nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang memiliki sifat adaktif dan spesifik untuk tinggal dengan manusia. Namun jangan diremehkan, makhluk yang bertubuh sangat kecil ini dapat membawa penyakit berbahaya.
Makhluk kecil ini berperan sebagai perantara dalam menyebarkan virus yang dibawanya seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), malaria, filariasis dan chikungunya. Sehingga untuk menjaga lingkungan, kita perlu cara membasmi nyamuk. Hal ini agar membantu kita membersihkan lingkungan yang kotor dan menjaga lingkungan masyarakat dari kemungkinan penyakit yang dibawakannya.

Cara Membasmi Nyamuk Yang Mujarab

Membasmi nyamuk merupakan hal yang tidak mudah. Ada banyak faktor yang memengaruhi serangga ini berada di lingkungan kita baik dari faktor kebersihan lingkungan hingga cuaca. Berikut cara yang akan membantu anda untuk membasmi nyamuk:

1. Melakukan Pengasapan (Fogging)

Anwar (2000) menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang beresiko memengaruhi terjadinya penyakit demam berdarah, salah satunya adalah faktor lingkungandan kebiasaan warga setempat dalam mengelola lingkungan maupun rumahnya.
Pemberantasan nyamuk pada lingkungan anda dapat dilakukan melalui pengasapan atau fogging. Adapun anda dapat bekerja sama dan melakukan pengasapan, namun sebelumnya anda harus mengetahui beberapa tahapan ini agar kegiatan pengasapan berjalan dengan lancar.

Bahan-Bahan Pengasapan:

  • Malathion 2 liter
  • Solar 40 liter
  • Bensin 12 liter

Tahapan Pengasapan:

  1. Buatlah pretes seperti pertanyaan secara lisan tentang pengetahuan masyarakat terhadap bahaya penyakit yang dibawa oleh nyamuk dan pengisapan,
  2. Lakukan penyuluhan tentang bahaya penyakit tersebut dan tujuan pengasapan.
  3. Lakukan pengasapan di seluruh bagian rumah,
  4. Diakhir kegiatan, anda dapat melakukan evaluasi dengan memeriksa lingkungan.

2. Gunakan Insektisida Nabati Daun sirih

cara membasmi nyamuk dengan daun sirih

Jika anda menginginkan lingkungan anda terhindar dari penyakit tersebut dan membasmi nyamuk secara sederhana dan aman, anda dapat menggunakan insektisida nabati.Contoh tumbuhan yang dapat dijadikan cairan insektisida diantaranya piretrium (krisan), babadotan, bengkuang, bitung, jeringau, saga, serai, sirih, sirsak, dan srikaya.
Kita dapat menggunakan insektisida nabati dengan daun sirih, karena daun ini dapat kita temukan dengan mudah dan harganya yang tergolong murah.

Bahan-bahan:

  • Daun sirih 1 Kg
  • Air Bersih 5 ltr
  • Alat Penumbuk

Cara Membuat Ekstrak Daun Sirih:

  • Tumbuk halus daun sirih yang sudah dibersihkan,
  • Rebus daun sirih kedalam 5 liter air hingga mendidih,
  • Tiriskan rebusan selama semalam hingga warna air berubah menjadi hijau kehitaman,
  • Tambahkan 1 sendok teh sabun detergen dan campurkan pada rebusan daun sirih (220 cc),
  • Tambahkan 14 liter air pada campuran tersebut, anda dapat menggunakannya ditempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk maupun tanaman anda agar terhindar dari hama dan serangga.

3. Mat Serbuk Sukun

cara membasmi nyamuk dengan mat serbuk sukun

Ada banyak obat nyamuk yang mengandung unsur diklorvos, propoxuran, d-allethrin, transflutrin, bioallethrin, pallethrin, d-phenothrin dan esbiothrin. Bahan tersebut terdibuktikan bahwa sifatnya dapat membahayakan tubuh dan tidak dapat diterima secara normal oleh tubuh.
Untuk menghindari zat kimia yang terkandung dalam berbagai obat nyamuk maupun cairan instektisida lainnya. Kita dapat menggunakan serbuk sukun dalam bentuk mat yang dipakai sebagai isi ulang anti nyamuk elektrik.

Bahan-bahan:

  • Bunga sukun jantan yang sudah dijemur dan kering,
  • Air secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Bunga sukun jantan yang kering ditumbuk hingga halus (berbentuk serbuk),
  2. Masukan serbuk kedalam kertas tiduk dengan isic 0 gr, 0,5 gr, 1, gr, 1,5 gr, dan 2 gr hingga berbentuk mat.
  3. Tetesi met dengan air bersih sebanyak 1 ml dan tunggu selama 90 menit,
  4. Lakukan repetisi tersebut sebanyak 12 kali,
  5. Jika sudah kering dan telah beres dilakukan repetisi, mat bunga sukun dapat digunakan.

4. Melakukan PSN dan 3M

Untuk membersihkan lingkungan, anda dapat melakukan kegiatan bersih-bersih berupa Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Mengubur, Menimbun dan Menguras (3M). Program yang dianjurkan oleh pemerintah ini merupakan cara yang sederhana dan mendasar dari proses pencegahan nyamuk khususnya nyamuk Aedes Aegypti.

Cara pengaplikasiaannya:

  • Dilakukan melakui kegiatan jum’at bersih atau minggu bersih,
  • Membuang air bersih yang tidak terpakai dalam wadah-wadah,
  • Pantau tempat-tempat yang dapat menampung air,
  • Buang barang-barang yang tak terpakai untuk menghindari genangan air dan tempat berkembangnya nyamuk.

5. Gunakan Repelent atau Pengusir

Anda dapat membasmi nyamuk mulai dengan menjaga diri anda sendiri. Penggunaan repelent seperti lotion anti nyamuk dapat menjaga anda dari gigitan nyamuk. Selain itu anda dapat menggunakan pengusir nyamuk alami seperti serai wangi, lemon balm, lavender, catnip, bawang putin dan geranium.
Tanaman pengusir nyamuk ini akan menghasilkan bau yang tidak disukai nyamuk sehingga mereka tidak akan mendekat atau berkeliaran dilingkungan tersebut. anda dapat meletakan tumbuhan ini di sekitar perkarangan rumah maupun di dalam rumah.

6. Menggunakan Ekstrak Tomat

cara membasmi nyamuk dengan ekstrak tomat

Menurut penelitian Michael Roe, entomologis di North Carolina State University. Ia menemukan bahwa ekstra tomat dapat menjadi obat alternatif pengusir nyamuk. Anda dapat membuat ekstrak tomat dengan cara merebus atau mengeringkannya lalu memisahkan air rebusan dari ampasnya . Jika anda kurang menyukainya, anda dapat menggunakan saka biji mindi (Melia Azedarach) atau kayu putih karena kandungan zat azadirachthin, meliantriol dan salinin di dalamnya yang dapat mencegah gigitan nyamuk.

7. Memelihara Ikan

Anda dapat memelihara ikan baik di kolam maupun akuarium. Ini akan membantu rumah anda terhindar dari nyamuk karena nyamuk akan lebih memilih area air dari pada area lainnya.

8. Menyalakan Lilin Aroma Terapi

cara membasmi nyamuk dengan menyalakan lilin aroma terapi

Jika anda terbiasa menyalakan obat nyamuk, lilin aroma terapi dapat menggantikannya. Anda dapat memilih jenis lilin dengan aroma tertentu seperti bunga geranium atau lavender. Anda juga dapat membuat lilin sendiri.

Bahan-bahan:

  • Lilin
  • Bunga geranium (dapat diganti dengan yang lain)

Caramembuat:

  1. Rebus lilin hingga berbentuk cairan,
  2. Haluskan bunga yang sudah disiapkan,
  3. Campur bunga yang sudah dihaluskan ke dalam cairan lilin,
  4. Masukan cairan lilin yang terlah tercampur ke dalam gelas dan beri sumbu,
  5. Tunggu lilin hingga mengering dan keras sehingga anda dapat menggunakannya.

9. Pasang kawat nyamuk atau kelambu

Pemasangan alat tersebut dapat membantu anda terhindar dari nyamuk terutama saat anda tidur siang. Anda dapat memasangnya di sekitar fentilasi rumah untuk mengindahari nyamuk masuk ke rumah melalui lubang-lubang rumah anda.

10. Gunakan Raket nyamuk

cara membasmi nyamuk dengan menggunakan raket nyamuk

Penggunaan raket nyamuk akan memudahkan anda untuk membasmi nyamuk. Anda cukup menggerakan kawat tersebut ke area yang sering dikerumuni nyamuk.

11. Memakai warna Cerah

Warna cerah baik dekorasi rumah maupun baju akan menghindari anda dari nyamuk. Anda dapat menggunakan warna cerah perti kuning, biru mudah, pink dan sebagainya dalam mendekorasi interior rumah anda maupun pakaian yang anda gunakan saat tidur.

12. Membuat Cairan Kulit Jeruk

Anda dapat membuat cairan kulit jeruk untuk membasmi nyamuk di rumah anda. cara membuat cairan kulit ini cukup mudah, anda hanya perlu merebus kulit jeruk, tiriskan, dapat langsung menggunakannya. Untuk memudahkan penggunaannya, anda membutuhkan alat penyemprot obat nyamuk.
Sebelum anda melakukan beberapa cara tersebut, harus diperhatikan:

  • Buka sirkulasi pintu dan jendela di rumah anda dari pagi hingga sore sehingga anda mendapat sirkulasi udara yang baik.
  • Bersihkan tanaman dan rumput-rumput di sekitar lingkungan anda untuk menghindari bersarangnya nyamuk dewasa.
  • Keringkan semua genangan air setelah hujan.
  • Hindari perilaku sering menggantungkan baju.

Demikian beberapa cara membasmi nyamuk dengan aman. Pastikan bahwa anda tidak mengalami alergi pada pemakaian jenis zat tertentu. jika anda mengalami efek samping yang tidak diharapkan segera hubungi dokter.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.