Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur Dengan Mudah Dan Efektif

cara mengatasi batuk pada anak saat tidur
Batuk merupakan gangguan kesehatan yang sangat mengganggu, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa khususnya di malam hari. Batuk seringkali diikuti dengan tenggorokkan gatal dan kesulitan bernafas dengan leluasa. Penyebab batuk bisa karena tertular oleh orang lain dan juga dari makanan yang dikonsumsi. Makanan pedas dan berminyak menjadi salah satu penyebab utama batuk yang kita alami. Mengobati batuk ada caranya tersendiri, mulai dari obat batuk yang dijual di toko-toko obat hingga menggunakan bahan alami atau herbal.

Jika orang dewasa cenderung bisa mengatasi sendiri masalah batuknya, lain halnya dengan anak-anak. Anak-anak cenderung akan menangis juga sudah terlalu menderita dengan batuk yang dialami. Oleh karena itu, perlu bantuan orang dewasa untuk meredakan batuk si anak. Peran orangtua sangat penting untuk mengatasi batuk pada anak.

Begini Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur Malam Hari

Bagaimana caranya mengatasi batuk pada anak saat tidur di malam hari? Ada beberapa cara yang bisa Anda praktekan di rumah ketika menghadapi anak yang sedang mengalami batuk. Berikut ini adalah cara mengatasi batuk pada anak saat tidur agar istirahat anak tidak terganggu.

1. Tidur Posisi Miring

Cara mengatasi batuk pada anak yang pertama yaitu dengan memerhatikan posisi tidur si anak. Jika anak mengalami batuk saat sedang tidur, maka coba miringkan posisi tidur anak ke samping kiri atau ke kanan. Posisi tidur yang salah akan memperburuk kondisi batuk si anak. Jangan biarkan anak tidur telentang karena itu akan menyulitkannya bernafas. Posisi miring adalah posisi yang dianggap tepat untuk meredakan sesak nafas akibat batuk yang dialami anak saat tidur.

2. Balurkan Air Garam

cara mengatasi batuk pada  anak saat tidur dengan air garam

Jika setelah tubuh anak dimiringkan namun batuknya belum sembuh juga, maka cobalah cara yang kedua, yaitu dengan membalurkan air yang dicampur dengan garam ke leher anak. Air garam merupakan cara tradisional yang masih sering digunakan untuk meredakan batuk, baik pada anak maupun orang dewasa. Baluran air garam berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada tenggorokkan. Pertama-tama cobalah balurkan air garam ke leher anak dengan hati-hati tanpa harus membangunkannya. Kemudian tunggu bagaimana reaksinya.

3. Memijat Tengkuk Anak

Ketika anak mengalami batuk saat tidur di malam hari, cobalah dengan memijit-mijit lembut tengkuk anak. Lakukan ini dengan pelan dan hati-hati. Hal ini bertujuan untuk membantu anak memuntahkan apa yang dimakan oleh anak. Salah satu penyebab batuk pada anak umumnya adalah dari makanan yang dikonsumsi. Bisa jadi makanan itu tidak tertelan dengan sempurna dan masih mengganjal di tenggorokkan anak.

4. Air Lemon

Air lemon memiliki kandungan vitamin C yang ampuh untuk membersihkan tenggorokkan dari rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk meredakkan batuk pada anak menggunakan air lemon, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dengan air lalu diminumkan pada anak sebelum tidur. Jika anak tidak tahan dengan rasa asam dari lemon, bisa dicampurkan dengan sedikit madu atau gula pasir. Air lemon juga dapat melegakan pernafasan sehingga saat anak tidur tidak mengalami sesak nafas atau rasa sakit di dalam rongga dada.

5. Madu dan Jeruk Nipis

Kandungan madu dan jeruk nipis sangat baik dan ampuh untuk meredakan batuk. Cara alami ini sering digunakan orang banyak untuk mengatasi batuk, khususnya batuk berdahak. Sama dengan lemon, jeruk nipis memiliki kandungan tinggi vitamin C yang dapat membantu membersihkan dahak dan rasa gatal di tenggorokkan. Berikan air campuran madu dan jeruk nipis pada anak sebelum pergi tidur untuk mencegah batuk yang mengganggu saat si anak tidur. Cara ini juga ampuh untuk meredakkan batu pada orang dewasa.

6. Atur Makanan Anak

cara mengatasi batuk pada anak saat tidur dengan atur makanan anak

Anak-anak umumnya tidak bisa membedakan mana makanan yang baik dikonsumsi dan mana yang tidak. Anak lebih mementingkan rasa dibandingkan kandungannya. Jadi, sebagai orangtua, jangan biarkan anak membeli makanan yang digoreng tidak sehat atau makanan berpemanis buatan yang dapat menyebabkan batuk pada anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengatur makanan yang dikonsumsi anak. Jangan biarkan anak mengkonsumsi makanan dari luar yang tidak sehat. Pada akhirnya justru akan membuat anak batuk-batuk hebat saat tidur di malam hari.

7. Menggunakan Uap

Cara mengatasi batuk pada anak saat tidur selanjutnya yaitu dengan menggunakan uap. Uap yang dihirup melalui hidung dapat membantu membersihkan rongga dada dan tenggorokkan. Selain itu, dapat juga meredakkan sesak napas yang diakibatkan oleh batuk berdahak. Lakukan cara ini beberapa saat sebelum anak pergi tidur agar ketika tidur tenggorokkan dan rongga dada anak terasa lebih lega. Anda bisa menggunakan uap dari rebusan air. Hati-hati ketika melakukannya, jangan biarkan anak menghirup terlalu dekat karena udara yang dihasilkan dari uap tersebut terasa panas.

8. Membersihkan Kamar Tidur

cara mengatasi batuk pada anak saat tidur dengan membersihkan kamar tidur

Debu merupakan salah satu penyebab munculnya batuk. Partikel-partikel debu ini masuk ke dalam rongga hidung atau terserap ketika mulut dalam keadaan terbuka. Anak-anak biasanya jauh lebih sensitive terhadap debu dibandingkan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, selalu pastikan kamar tidur anak bersih dari debu atau kotoran yang dapat menyebabkan batuk pada anak saat tidur.

9. Beri Obat Batuk Sebelum Tidur

Cara mengatasi batuk pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan obat batuk pada anak sebelum tidur. Obat batuk disesuaikan dengan kondisi batuk, pilih yang paling cocok dengan anak. Obat batuk anak biasanya jenis sirup dengan varian rasa buah-buahan dengan rasa manis, seperti rasa jeruk dan stroberi. Memberi obat batuk khusus pada anak sebelum tidur dapat mencegah anak mengalami batuk ketika tidur.

10. Pasang Humidifier di Kamar

Cara yang terakhir yaitu dengan selalu memasang humidifier atau pelembab ruangan di kamar tidur anak. Memasang humidifier penting untuk menjaga kelembaban udara dalam kamar. Gunakan level kelembaban yang paling disarankan, yaitu sekitar 40-50%. Jangan sampai kurang atau lebih dari angka yang disarankan karena hal itu dapat berpengaruh pada kondisi ruangan kamar.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi batuk pada anak saat tidur yang terbukti ampuh dan banyak digunakan para orang tua untuk anaknya. Cara-cara ini bisa diterapkan juga pada orang dewasa karena pada umumnya penanganan terhadap penyakit batuk berlaku untuk semua.

Yang paling penting untuk dilakukan orangtua adalah tegas dalam melarang anak untuk jajan sembarangan. Kebanyakan dari makanan yang dijual di luar rumah mengandung pengawet atau pemanis buatan serta dimasak dengan cara yang tidak sehat. Selain itu, penting juga untuk memilih obat batuk yang cocok untuk anak sesuai dengan kondisi batuk yang diderita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.