Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dan Kusam Dengan Mudah

cara mengatasi wajah berminyak

Kulit adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang memerlukan perawatan. Mengapa begitu? Karena kulit adalah lapisan pertama dalam tubuh yang bersentuhan lansung dengan dunia. Air saat mandi, udara berpolusi saat beraktifitas, atau sinar matahari di pagi dan siang hari. Kulit akan memberikan efeknya yang berbeda-beda pada setiap orang. Tapi dua masalah yang sering terjadi pada kulit adalah, kulit menjadi sangat kering atau justru mengandung minyak yang berlebihan.

Inilah Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah wajah yang berminyak. Upaya yang dilakukan dapat memberikan efeknya dengan cepat menggunakan bahan buatan pabrik yang mengandung behan kimia yang bisa berbahaya bagi kulit. Atau menggunakan bahan alami yang menyehatkan. Jika kulitmu termasuk kulit yang berminyak, kamu bisa menggunakan 10 bahan alami di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Air Putih

Air sering disebut sebagai sumber kehidupan. Hal ini benar adanya, bahkan air pun berguna untuk mengatasi wajah berminyak. Kuncinya adalah menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Kulit yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi. Jika ini sudah terjadi, secara alami kulit akan memproduksi minyak untuk melembabkannya, termasuk untuk kulit wajah. Cara mengatasi wajah berminyak yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan meminum air putih secukupnya. Jangan biarkan tubuh dan kulitmu dehidrasi. Minimal konsumsi air putih 8-10 gelas per hari. Kalau merasa kembung, lebih baik kurangi minuman lain seperti minuman manis, soft drink, dan variasi lainnya.

2. Jeruk

cara mengatasi wajah berminyak dengan jeruk

Buah jeruk memang sering digunakan untuk merawat kulit, tidak terkecuali kulit wajah. Jeruk dapat mengurangi minyak pada pori-pori di kulit wajah. Buah ini juga memiliki khasiat lain seperti mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, hingga mengatasi komedo jika dicampuran dengan madu asli. Bagi kamu yang kelebihan minyak pada wajah, coba jadikan buah jeruk sebagai masker. Misalnya dengan memeras sari buah kemudian mengoleskannya pada wajah.

3. Susu

Banyak pembersih wajah yang mengandung susu. Itu loh, biasanya ada pada pembersih wajah yang dipisahkan dalam dua step. Step pertama susu pembersih, step kedua toner penyegar. Selain berfungsi untuk membersihkan wajah, susu juga mampu mengatasi wajah berminyak. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan susu plain yang dipupuhkan ke kapas. Kemudian dioleskan pada seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan meresap dengan didiamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Apel

cara mengatasi wajah berminyak dengan apel

Sama seperti jeruk yang dapat mengangkat sel kulit mati, buah Apel pun melakukan hal yang sama. Begitu juga dengan kemampuan untuk mengatasi wajah berminyak. Bagi kamu yang lebih menyukai apel, berbahagialah karena apel memiliki berbagai manfaat. Ada kandungan antiseptik alami serta astringent yang tidak akan membuat kulitmu iritasi. Cara mengatasi wajah berminyak dengan apel cukup mudah. Buatlah masker buah apel dengan memarut atau menghaluskannya dengan bantuan blender. Apel yang sudah halus dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 15 menit. Jika sudah selesai, bilas wajahmu dengan air hangat.

5. Putih Telur

Salah satu hal yang dapat menurunkan kadar minyak pada kulit adalah vitamin A. Kamu akan mendapatkan vitamin A dari putih telur. Yakin deh, telur adalah bahan makanan yang hampir selalu tersedia di rumah. Yang pasti, kamu perlu memisahkan bagian putih telur dengan kuning telur. Sebelum diaplikasikan pada wajah, kocok dahulu putih telur sampai berbusa. Jika kamu tidak menyukai aromanya, coba campurkan dengan sari buah lemon. Oleskan pada wajah lalu tunggu 15 hingga 30 menit, atau sampai putih telur tersebut mulai mongering di wajah. Terakhir, bersihkan wajah dengan air hangat.

6. Tomat

cara mengatasi wajah berminyak dengan tomat

Tomat juga bermanfaat untuk mengatasi wajah berminyak sekaligus meningkatkan imun di dalam tubuh. Sama seperti yang lain, caranya adalah dengan membuat masker wajah. Tomat perlu dihaluskan terlebih dahulu, lalu campurkan dengan sedikit madu untuk memberikan khasiat lebih. Oleskan bahan yang sudah disiapkan pada wajah. Sama seperti yang lain pula, diamkan selama 15 menit agar tomat menyerap dengan baik pada kulit, lalu bersihkan dengan air hangat.

7. Minyak Jojoba

Loh, memangnya bisa mengatasi wajah berminyak dengan minyak lainnya? Tenang ya, walaupun terdengar janggal, minyak yang satu ini sangat bermanfaat untuk itu. Bahkan dapat digunakan juga untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Minyak jojoba murni sudah dijual di pasaran melalui beberapa brand produk kecantikan. Cara penggunaannya sederhana, kamu dapat langsung mengoleskan minyak jojoba pada seluruh permukaan kulit wajahmu. Bukan dibiarkan begitu saja, kamu juga perlu membersihkannya dengan air hangat, 15 menit setelah pengaplikasian.

8. Daun Seledri

cara mengatasi wajah berminyak dengan seledri

Jika digunakan untuk perawatan tubuh, daun seledri biasanya digunakan untuk merawat rambut. Tapi lain ceritanya kalau kamu memiliki masalah pada kulit seperti kandungan minyak yang berlebihan. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun seledri. Karena nutrisi dalam kulit akan meningkat hingga mampu membuat kulitmu awet muda dan terlihat lebih cerah. Omega 6 dalam seledri lah yang membuatnya seperti itu.

Pertama-tama kamu harus mengiris 3 helai daun seledri yang sudah dibersihkan. Kemudian rendam seledri tersebut di dalam air panas kira-kira 30 menit. Yang kamu aplikasikan ke kulit wajah bukan daun seledrinya, melainkan sari daun seledri. Itu didapatkan dengan menyaring daun seledri dan memisahkan sarinya. Oleskan pada wajah dan biarkan mongering. Tapi jangan lupa, bersihkan dengan air hangat setelahnya.

9. Arang

Tips ini mungkin jarang dilakukan secara lumrah. Yaitu mengurangi minyak dengan menggunakan arang. Arang yang sudah dihaluskan, dipupuhkan pada kulit. Bukan arang kering ya, campurkan arang aktif dengan air mawar secukupnya. Arang ini mengandung karbon. Jika kamu oleskan pada wajah, arang akan masuk ke pori-pori kulit. Di sini lah arang bekerja dengan menyerap minyak dan kotoran yang ada pada wajah. Maka dari itu, biarkan bahan ini bekerja dengan memberikannya waktu kurang lebih 15 menit, sebelum akhirnya kamu membilas wajah dengan air hangat. Jika kandungan minyak berkurang, otomatis jerawat pada wajah pun akan semakin berkurang loh.

10. Garam

Yang terakhir cara mengatasi wajah berminyak menggunakan garam. Bahan satu ini lebih mudah lagi untuk didapatkan, dibanding dengan bahan lain. Garam ternyata mampu mengatasi wajah berminyak. Memang termasuk kemampuannya seperti itu, sebagai bahan pengering alami dan disentifektan. Tapi caranya bukan langsung menaburkan garam pada wajah ya. Kamu perlu menyiapkan air garam yang hangat. Bisa kamu oleskan pada kulit wajah, atau kamu semprotkan air garamnya dengan botol penyemprot. Berikan nutrisi sedemikian rupa hingga terserap dengan merata. Bilas wajah setiap sesudahnya.

Kamu bisa menggunakan kesepuluh bahan itu secara fokus atau bergantian. Yang penting, kamu harus siap untuk melakukannya dengan rutin. Baik bahan alami maupun buatan, semuanya membutuhkan proses untuk dapat memberikan manfaatnya dengan sempurna. Beberapa orang mungkin seringkali kehilangan semangat di tengah jalan saat melakukan perawatan kulit. Tapi sabar dan bersemangatlah setiap kali merawat kulit ya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.