Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat, Aman Dan Terbukti Ampuh

cara menghilangkan bekas jerawat

Jerawat ditandai dengan benjolan kecil merah pada pori-pori kulityang dipengaruhi oleh minyak berlebih, kosmetik, sel-sel kulit mati dan sebagainya. Karena keadaan wajah yang terganggu oleh adanya jerawat mendorong kita untuk menyentuhnya.

Kandungan jerawat yang berisi nanah akan keluar jika anda menekannya. Tetapi hal ini akan berpengaruh pada kondisi kulit yaitu timbulnya bekas jerawat. Bekas tersebutsering terjadi pada area wajah sehingga membuat sebagian orang merasa tak percaya diri.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Ampuh

Bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Lakukan cara yang aman untuk menghilangkannya sehingga kulit dapat sehat dan tampil mulus kembali. Berikut cara aman untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

1. Putih Telur

cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur

Selain dijadikan bahan makanan, putih telur dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah anda. Kandungan protein yang tinggi di dalamnya memberikan khasiat dalam melembabkan kulit wajah dan mempercepat proses pembuatan kulit baru. Anda dapat menggunakan putih telur sebagai masker wajah.

Bahan:

  • 1 Buah Telur

Cara Penggunaan:

  • Pisahkan bagian kuning dan putih telur, lalu masukan putih telur ke dalam wadah kecil,
  • Kocok putih telur hingga berbusa,
  • Bersihkan wajah anda sebelum menggunakan masker,
  • Oleskan putihtelur ke wajah secara merata, hindari daerah kulit yang sensitif seperti lingkaran mata, bagian bibir dan alis mata,
  • Tunggu masker sampai mengering,
  • Basuh wajah menggunakan air hangat lalu keringkan muka dengan handuk bersih.

2. Lakukan Scrubbing

Anda dapat melakukan scrubbing untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Bahan yang digunakan untuk scrubbingsangat beraneka ragam. Tetapi anda dapat membuatnya secara sederhana dengan bumbu dapur atau bahan minuman seperti: teh, kopi, kunyit, kacang dan sebagainya. Jika anda menginginkan hal yang sangat sederhana, anda cukup menggunakan scrubbingdengan bahan kopi.

Bahan:

  • Air secukupnya
  • Kopi bubuk tanpa gula atau ampas kopi yang sudah diminum
  • Penggunaan untuk sekali pemakaian berupa 1 sendok makan kopi dan 1 sendok makan air

Cara Penggunaan:

  1. Campurkan air dengan bubuk kopi,
  2. Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah,
  3. Tunggu hingga masker kopi kering,
  4. Basuh dan bersihkan dengan air hangat,
  5. Keringkan muka dengan handuk bersih.
  6. Kentang

Penggunaan kentang pada kulit mampu menghilangkan bekas luka maupun jerawat pada wajah. Anda cukup membuat parutan kentang yang sudah dibersihkan lalu oles ke sekitar area bekas jerawat yang menghitam. Hal ini dapat anda lakukan setiap hari sampai bekas jerawatnya menghilang.

3. Jus Lemon

cara menghilangkan bekas jerawat dengan jus lemon

Selain menyehatkan bagi organ dalam tubuh, jus lemon dapatmenghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada muka. Anda dapat membuatnya dengan mudah di rumah.

Bahan:

  • Lemon 1 bulan
  • Susu bubuk 2 sendok makan

Cara Pembuatan:

  1. Peras lemon ke dalam mangkok kecil,
  2. campurkan susu bubuk ke dalamnya,
  3. Biarkan campuran tersebut selama 30 menit.

Cara penggunaan:

Oleskan pada permukaan wajah sebelum tidur malam. Perawatan di malam hari akan menghilangkan bekas jerawat anda dan tidak membuat muka menjadi kering.

4. Es batu

Es batu dapat mengecilkan pori-pori, mengurangi bengkak dan kemerahan. Anda bisa mengganti air es batu dengan air teh. Kandungan pada air teh akan membantu proses pembentukan kulit ketika es mengecilkan pori pori anda.

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan wajah sebelum menggunakan es,
  2. Bungkus es batu dengan kain tipis sehingga es tidak langsung menyentuh kulit,
  3. Letakan es pada permukaan kulit yang mengalami bekas jerawat,
  4. Pijat perlahan untuk mengengurangi peradangan,
  5. Angkat es dan diam kan wajah selama lima menit lalu letakan pada wajah kembali selama satu menit.

5. Sari Pati Bengkuang

cara menghilangkan bekas jerawat dengan sari pati bengkuang

Kandungan sari pati bengkuang yang dapat memutihkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Anda dapat membuatnya dengan memarut bengkuang lalu balur parutan tersebut ke permukaan wajah untuk menghilangkan bekas luka dan flek-flek hitam lainnya. Anda juga dapat menggunakannya ketika luluran.

6. Gel Lidah Buaya

Kandungan lidah buaya yang meregenerasi kulit dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, gel lidah buaya dapat memperhalus kulit sehingga mulus seperti sedia kala. Anda dapat menggunakannya langsung dengan mengoleskan gel (bagian dalam) daun lidah buaya ke permukaan wajah.

7. Baking Soda

cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda

Penggunaan baking soda dapat membantu proses pengelupasan kulit lama dan mengurangi bekas jerawat. Anda dapat memakainya sebagai masker dengan dicampur dua sendok teh air. Oleskan campuran tersebut ke area wajah (hindari bagian lingkaran mata, alis, dan bibir). Lakukan cara ini selama dua menit lalu bilas dan keringkan wajah dengan handuk bersih.
Hentikan pemakaian jika wajah anda memerah setelah pemakaian. Itu tanda bahwa wajah anda sensitif dan tidak cocok untuk menggunakan baking soda.

8. Kacang Kedelai

Sebelum anda menggunakan kacang kedelai, kacang harus direndam terlebih dahulu lalu dihaluskan. Oleskan pada permukaan wajah yang berbekas. Cara ini dapat mengatasi permukaan bekas jerawat sehingga kembali kebentuk semula.

9. Kayu Cendana

cara menghilangkan bekas jerawat dengan kayu cendana

Anda dapat menggunakan kayu cendana untuk menghilangkan bekas jerawat karena kandungannya yang dapat menyembuhkan kulit. Penggunaan kayu cendana sebagai masker wajah dapat dicampur dengan air mawar, susu atau madu.

10. Jagung dan Minyak Zaitun

Kandungan jagung dan minyak zaitun akan menjadikan wajah anda elastis, cerah dan lentur. Anda cukup mencampurkan jagung serbuk atau halus dengan minyak zaitun. Oleskan pada permukaan wajah dan tunggu selama 15-20 menit.

11. Daun sirih

Anda dapat menggunakan daun sirih dengan berbagai cara, seperti: menumbuk dauh sirih, merebus daun sirih, mencampurkan daun sirih dengan kunyit atau madu, membuat jus daun sirih, dan mencampurkannya dengan minyak zaitun.

Anda dapat meminum rebusan daun sirih sehari sekali secara rutin. Namun, jika anda kurang menyukai minuman daun sirih, anda dapat membuat masker daun sirih dengan beberapa cara tersebut.

Sebelum menggunakan cara tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Cuci tangan sebelum anda menyentuh wajah, terutama daerah wajah yang mengalami jerawat. Hal ini untuk menghindari kuman yang akan menempel pada wajah anda.
  • Kebersihan wajah dengan mencuci wajah sebelum tidur dan setelah bangun tidur.
  • Pijat wajah selama dua menit untuk melancarkan peredaran darah.
  • Operasi kulit yang mengalami bekas jerawat akan membantu namun keamanan dari hasil operasi tidak dapat terjamin. Proses operasi yang bertahap pun hampir sama dengan proses anda menggunakan cara alami.
  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan jerawat baru.
  • Kondisikan pikiran yang tenang karena pengaruh tekanan akan membuat kulit anda tidak sehat.

Demikian cara menghilangkan bekas jerawat. Anda dapat menggunakan cara tersebut mulai dari perawatan fisik wajah anda maupun kebutuhan organ dalam tubuh. Perubahan pada tubuh akan terlihat jelas jika anda sering mengukur atau menulis perkembangannya. Pastikan anda mengetahui kekurangan dan kelebihan tubuh anda ketikan mengonsumsi makanan atau menggunakan bahan alami lainnya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.