Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Makanan Untuk Memperbanyak Asi Yang Aman Untuk Dikonsumsi

makanan untuk memperbanyak asi

ASI adalah makanan pertama yang diberikan pada seorang bayi. Tentu saja karena bayi belum memiliki organ yang cukup kuat untuk segera memakan makanan lain. Lalu bagaimana dengan gizinya? Kamu tidak perlu khawatir, ASI mengandung banyak gizi yang disalurkan dari sang Ibu. Makanya, Ibu harus menjaga asupan makanan bergizi ke dalam tubuhnya, agar dapat memberikan kesehatan juga pada sang bayi.

Ini Dia 15 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Tapi sayangnya tidak semua Ibu dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. Mungkin kamu juga pernah beberapa kali mendengar istilah bayi formula. Hal ini muncul karena memang si bayi lebih sering mengkonsumsi susu formula ketimbang ASI dari Ibunya. Ibu jangan bersedih ya. Cobalah rutin memakan 15 makanan di bawah ini untuk meningkatkan produksi ASI-mu.

1. Kacang Almond

makanan untuk memperbanyak asi dengan kacang almond

Mencari kacang almond di Indonesia memang tidak semudah mencari kacang tanah yang bisa ditemukan di toko dekat rumah. Tapi kacang ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, terutama bagi Ibu menyusui. Pernah dengar susu kacang almond? Sama seperti susu lainnya, kacang almond mengandung kalsium yang tinggi. Jika Ibu menyusui mengkonsumsi kacang almond secara rutin, produksi dan kualitas ASI-nya akan meningkat.

2. Pepaya

Pepaya tidak hanya berguna untuk melancarkan pencernaan, tapi juga bermanfaat bagi Ibu menyusui. Bukan hanya buahnya, daun dan bunganya termasuk jenis makanan untuk memperbanyak ASI. Hampir seluruh bagian dari tanaman papaya dapat meningkatkan produksi ASI. Pepaya mengandung protein yang baik untuk produksi ASI, enzim papain, kalsium, asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kandungan baik lainnya. Ibu dapat mengkonsumsi papaya secara langsung atau mengolahnya menjadi berbagai olahan makanan.

3. Kurma

makanan untuk memperbanyak asi dengan kurma

Kurma adalah makanan yang dianjurkan untuk dimakan pertama kali saat berbuka puasa. Ternyata bukan tanpa alasan, kurma memang mengandung banyak zat bergizi untuk tubuh. Tidak terkecuali bagi ibu menyusui. Kurma dengan kalsium yang dikandungnya dapat meningkatkan prolaktin yaitu hormon yang mendukung produksi ASI. Karena bentuknya kecil, kurma bisa dijadikan sebagai cemilan bagi ibu menyusui.

4. Beras cokelat/ beras merah

Makanan untuk memperbanyak ASI itu beragam. Jika Ibu benar-benar ingin meningkatkan produksi ASI, coba ganti beras putihmu dengan beras merah atau beras cokelat. Tujuan dari konsumsi beras ini adalah meningkatkan energi kita di dalam tubuh. ASI yang baik dihasilkan oleh Ibu dengan kesehatan yang cukup. Kebutuhan tubuh akan karbohidrat diperlukan, sekalipun oleh Ibu menyusui yang biasanya ingin segera menurunkan berat badan pasca melahirkan.

5. Daun katuk

makanan untuk memperbanyak asi dengan daun katuk

Daun yang satu ini sudah dikenal secara turun temurun, bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Daun katuk mengandung protein baik yang dibutuhkan Ibu menyusui. Rasanya memang agak pahit, mungkin seperti jamu. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan merebus daun katuk terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Jika rasa pahit dari daun katuk tidak disiasati dengan baik, justru menjadi pantangan bagi Ibu menyusui.

6. Bayam

Makanan yang mengandung asam folat dan zat besi seperti bayam memang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya. ASI yang dihasilkan nanti harapannya memang baik untuk sang anak. Seperti dapat mencerdaskan otak bayi karena kandungan asam folat di dalam bayam.

7. Jeruk

makanan untuk memperbanyak asi dengan jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Tapi bukan itu saja loh gizi baik yang terkandung dalam jeruk. Ada kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, vitamin B1 hingga B6. Jika dikonsumsi dengan rutin, bukan hanya baik untuk sang Ibu, tapi juga baik untuk si anak. Karena selanjutnya gizi itu disalurkan pada bayi melalui ASI ibunya.

8. Keju

Sebenarnya logis jika kita ingin memproduksi banyak susu dengan meningkatkan asupan kalsium ke dalam tubuh kita. Cara meningkatkan kalsium yang nikmat salah satunya adalah dengan perbanyak makan keju. Hal baik lain dari keju adalah karena rasa gurih makanan satu ini mampu memperkuat tulang dan gigi kita loh. Tentu Ibu memerlukan tulang dan gigi yang sangat sehat untuk merawat bayinya.

9. Air putih

Ini adalah hal paling sederhana dan paling mudah yang bisa kita lakukan. Ibu yang memproduksi air susu ibu disarankan untuk menjaga cairan di dalam tubuh. Karena jika tubuhmu kekurangan air, bagaimana bisa menghasilkan air susu dengan jumlah yang banyak? Jangan lupa minum air putih minimal 10 hingga 12 gelas sehari ya.

10. Telur

makanan untuk memperbanyak asi dengan telur

Tahu tidak kalau telur itu mengandung banyak vitamin dan protein? Walaupun belum tumbuh dengan sempurna, telur bergizi untuk kesehatan loh. Apalagi untuk kesehatan bayi, yang misalnya membutuhkan vitamin D untuk memperkuat tulangnya yang sedang tumbuh. Ibu, perbanyak lah makan rutin ya. Tambahkan selalu makanan ini, setiap kali kamu makan.

11. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat disarankan untuk dikonsumsi Ibu menyusui. Tujuannya untuk mendukung perkembangan saraf sang bayi karena di dalamnya terkandung lemak DHA. Proteinnya juga sangat kuat, begitupun dengan kandungan kalsium di dalam ikan salmon. Memakan ikan salmon secara rutin akan memperbanyak ASI dan memperbaiki kualitasnya. Orang Jepang umumnya mengetahui ini. Kamu bisa mencontoh pilihan makanan mereka, dengan mengkonsumsi sushi ikan salmon misalnya.

12. Kemanggi

Di pulau Jawa, kemanggi biasanya kita temukan sebagai lalapan saat membeli pecel ayam ataupun pecel lele. Daun ini bisa mencegah bau badan muncul, meningkatkan nafsu makan, dan juga menenangkan hati. Ternyata kemanggi juga dapat membantu Ibu yang ingin memperbanyak ASI-nya. Ada enzim phytoestrogens yang bekerja untuk itu dalam kandungan kemanggi.

13. Pare

Pare biasanya kita temukan bersama dengan siomay. Rasanya pahit sehingga tidak semua orang menyukainya. Tetapi pare ini baik loh untuk Ibu menyusui. Pare kaya akan nutrisi seperti berbagai vitamin, antioksidan, fitokimia, likopen, dan lain-lain. Mengkonsumsi pare dapat membantu ibu meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, bagi kamu penderita diabetes harus rajin mengkonsumsi pare. Karena pare juga mampu meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh kita.

14. Kacang panjang

Ibu menyusui harus rajin memakan sayur-sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan. Oleh karena itu sangat baik jika memakan kacang panjang. Produksi ASI akan meningkat. Belum lagi kesehatan si bayi yang juga akan terjaga. Ibu yang menyusui mungkin sering kali mengalami luka saat memberikan susunya pada bayi. Kacang panjang dapat membantu ibu segera sembuh dari luka tersebut.

15. Asparagus

Asparagus memiliki hormone yang dapat meningkatkan produksi ASI. Jadi Ibu, coba sering-sering lah mengkonsumsi ini ya. Kamu bisa mencampurkannya dengan sup atau makanan lain agar rasanya nikmat. Intip resep makanan khas Italia yang sering menggunakan asparagus dalam masakannya. Selain kaya akan vitamin K dan A, asparagus juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh kita.

Masih banyak makanan untuk memperbanyak ASI. Tapi ini adalah 15 makanan terbaik yang rasanya nikmat. Kalau ibu dianugrahi dengan ASI yang melimpah, Ibu juga tetap bisa menikmati 15 makanan di atas loh. Karena konsumsi yang rutin akan membantu meningkatkan kualitas ASI juga. Alhasil, bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.